Selasa, 27 Maret 2012

Membuat T-Shirt Desain Sendiri

Bosan dengan T-Shirt (kaos) di pasaran yang tidak sesuai dengan selera Anda. Ingin membuat kaos desain Anda sendiri??? Berikut langkah-langkahnya :

Yang perlu dipersiapkan         :

1. T-Shirt/Kaos Polos (tidak berbahan kasar).
2. Printer Ink-Jet Warna.
3. Kertas “T-Shirt Transfer Paper”.
4. Setrika Listrik.
5. Desain Gambar Komputer.

Untuk membuatnya ikutilah petunjuk berikut  :

Petunjuk  1 : Jalankan program bantuan untuk meletakkan desain gambar, contoh : Microsoft Office Word. Sebelumnya, aturlah Paper Size menjadi A4. Aturlah orientasi kertasnya sesuai keinginan Anda menjadi Landscape/Tidur atau Portrait/Tegak. Pada lembar kerja, masukkan gambar. Bisa menggunakan gambar yang sudah tersedia di Clip Art atau Anda bisa menggunakan gambar lain sesuka hati Anda. Agar gambarnya mudah digerakkan ke setiap arah, atur Layoutnya menjadi In Front of Text. Untuk melihat hasilnya sebelum di print gunakan fasilitas Print Preview.

Petunjuk  2 : Apabila desain sudah selesai diatur, Ambilah kertas T-Shirt Transfer Paper lalu pasanglah pada printer. Ingat! Jangan sampai terbalik. Bagian punggung kertas, yang bukan bidang cetak biasanya ditandai dengan garis atau tulisan. Bidang cetak harus menghadap ke atas. Setelah itu klik File > Print, lalu pada Dialogue Box klik Properties. Pada Media Type pilihlah T-Shirt Transfers. Pilihan ini secara otomatis akan menghasilkan cetakan yang terbalik (mirror), seperti melihat pantulan gambar pada cermin. Pilihlah kualitas cetak standar, bukan draft. Apabila pada pengaturan Properties tidak ada fasilitas seperti itu, maka pada tab Features klik Orientation pilih Portrait, dan centang Flip Horizontal. Maka Anda akan mendapatkan gambar terbalik (mirror). Jika semua sudah siap, klik Apply lalu OK.

Petujuk 3 : Ambil kaos yang sudah disiapkan, hidupkan setrika dan atur pada level Medium, ratakanlah kaos terlebih dahulu dengan menyetrikanya. Setelah kaos mendingin, letakkan kertas T-Shirt Transfer Paper yang telah tercetak pada posisi terbalik di permukaan kaos. Jagalah permukaan kaos agar tidak bergelombang dengan menyisipkan karton lunak atau triplek pada bagian dalam kaos. Setelah itu, atur setrika pada level Maksimum. Gosok perlahan, dengan sedikit tekanan, bidang demi bidang, sesuai garis panduan, dari atas ke bawah dan sebaliknya, kira-kira selama 15 detik. Setelah itu digosok dari kiri ke kanan, dan sebaliknya, kira-kira 15 detik.

Petunjuk 4 : Setelah selesai, letakkan setrikaan, tunggu sekitar 3 menit agar kertas T-Shirt Transfer Paper mendingin. Lalu lepaslah, seperti melepas stiker, dengan perlahan. Bila ada bagian yang belum menempel rata, rapatkan lagi kertasnya, dan gosok lagi dengan setrika. Tunggu sampai kering bila perlu di jemur, agar tidak luntur pada saat dicuci setelah itu kaos bisa Anda pergunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar