Sabtu, 10 Maret 2012

Mengatasi Task Manager & Registry Editor Di Disable Virus


Seringkah Anda menjumpai masalah seperti gambar dibawah ini :


Betapa jengkelnya! Saat kita ingin membuka salah satu program utility bawaan Windows itu untuk keperluan sesuatu yang kita inginkan namun ternyata telah ter-disable (tidak aktif/ter-blokir).


Munculnya masalah seringkali datang tanpa kita undang! Betul? Namun tak dapat dipungkiri lagi masalah seperti gambar diatas pasti terjadi karena ada sebab? Salah satunya yang mungkin telah tersimpan dibenak Anda tak lain biang-keroknya yakni virus. Yaph, secara tak sadar virus sebenarnya telah berjalan secara bersamaan saat kita mengeksekusi sejumlah program-program yang telah direkrutnya, biasanya seringkali menginfeksi program yang sedang aktif di sistem proses (sistem tray) Windows kita, hal itulah yang menyebabkan Registry Editor & Task Manager ter-disable dengan sendirinya.

Jika Anda ragu hal itu disebabkan oleh virus, untuk memastikannya cobalah Anda mencari software lain yang bisa membuka Registry Editor salah satunya yang umum lewat anti virus SMADΔV. Lalu buka HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System. Setelah itu di bagian kanan hapuslah DWORD Value “DisableTaskMgr” dan “DisableRegistryEditor” lalu tutuplah jendela Registry Editor dan bukalah kembali. Cobalah cek lagi, jika DWORD Value “DisableTaskMgr” dan “DisableRegistryEditor” masih tertanam ditempat itu, berarti sudah pasti penyebabnya virus! Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Ada beberapa tips untuk mengatasinya :

Pertama, cobalah Anda mendownload anti virus yang bisa melakukan disinfect (pengobatan) yang paling bagus Kaspersky Anti-Virus (versi terbaru), walaupun anti-virus ini berbayar setidaknya masih tetap bisa Anda pergunakan. Lakukan scanning sampai ke akar-akarnya. Setelah selesai, reboot komputer Anda. Lalu cek kembali, jika tetap tidak bisa cobalah buka kembali Registry Editor lewat anti-virus SMADΔV lakukan hal serupa seperti cara sebelumnya untuk memastikan. Cara inilah yang biasanya ampuh.


Kedua, Anda menggunakan RRT Sergiwa Remove Restrictions Tool untuk mengembalikan dan menyembunyikan Registry Editor & Task Manager. Software ini bisa Anda searching di Google.


Ketiga, buka kembali anti-virus SMADΔV lalu buka pada bagian tab Process Manager. Matikan proses yang Anda pikir asing atau program yang tidak biasa Anda gunakan, karena bisa di curigai itu adalah virus dengan cara klik kanan pada program yang ingin Anda matikan lalu pada bagian Action>Pilih Kill.



Semoga berhasil.

Copyright © Adam Satria Gunadi

1 komentar: